Ketika Dia Menemui Jagung yang Rosak di mamah benda aneh ini di Ladangnya dan Hendak Membuangnya, Kawannya Telah Berteriak dan Memarahinya “Bodoh, kau tau tak ni jagung apa. Nape nak buang?”

Baru-baru ni ada kejadian yang unik di pasar, dimana ada beberapa petani menjual jagung-jangung yang sudah berjamur (bersalut), namun anehnya telah mendapat banyak permintaan.

Ternyata aku baru tau, ternyata jagung-jagung yang ditumbuhi jamur ini boleh dimakan, bahkan bagi sebagian orang, jamur ini justru memiliki rasa yang enak. Tak hairan jika banyak orang yang berebut jagung langka ini.

Para petani merasa lebih suka jika jagung-jagung di kebun mereka diserang oleh jejamuran ini. Rupanya harganya boleh jadi lebih mahal!

Nama jamur ini adalah jamur Huitlacoche, jika jagung diserang oleh jamur ini, akan tumbuh benda seperti tumor ditubuh jagung. Jagung seperti ini sering juga disebut sebagai jagung Huitlacoche.

Menurut cerita dari mereka yang pakar, jagung ini malah sangat bergizi dan boleh dijadikan sebagai ubat. Dari hasil uji kandungan diketahui di dalam jamur huitlacoche terdapat karbohidrat, vitamin C, kalsium, dan fosfor. Bila dicium, aromanya pun mirip seperti vanila. Jadi cukup wangi sebenarnya.

Kerana rupa bentuknya yang aneh, dan terkadang dalam satu hektar hanya ada beberapa kilogram jagung jenis ini, jadi bukan sahaja sangat diminati, tapi harganya juga sangat tinggi dan sering kehabisan.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa jagung huitlacoche beracun. Sebenarnya tidak salah juga, kerana ada kandungan-kandungan lain yang bercampur dalam jagung ini, sehingga jika tidak dimasak dalam suhu yang tinggi atau kurang matang, maka akan ada kemungkinan beracun.

Setiap daerah memiliki cara yang berbeza dalam mengolah jagung huitlacoche ini menjadi masakan yang enak, bagaimana dengan daerah mu? Jangan lupa komen dibawah ya!

sumber: pixpo via kakitular

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *